Posted by on Apr 23, 2014

 Bali masih menyimpan pesona. Tidak heran bila banyak orang yang mendambakan berlibur di pulau eksotis dan indah, hanya karena ingin merasakan suasana yang tentram dan menyatu dengan alam.

Keunikan Bali tidak sekedar alamnya,tetapi juga suasana sekelilingnya, dengan bangunan-bangunan yang sarat nuansa tradisional.

Bagi Anda yang masih merindukan suasana Bali namun belum punya kesempatan untuk kembali ke sana, Anda bisa sedikit mengobatinya dengan merancang hunian bergaya Bali.

Untuk hal ini, Anda bisa mengambil inspirasi dari perumahan   yang ada di Badung-Bali. Desain hunian ini sangat kental dengan nuansa Bali-nya. Penasaran? Yuk, bahas satu persatu:

Dalam gambar desain rumah di Bali Harmoni, bisa dilihat bahwa bagian bawah atap tidak dilapisi penutup, sehingga Anda bisa melihat konstruksinya.

 Setelah atap, Ciri lain dari desain Bali adalah pintu masuknya. Rumah Bali biasanya memiliki semacam gerbang kecil dengan dinding batu dan undakan terdiri dari 1-3 anak tangga.

Pintu masuk rumah pada Bali Harmoni.

Pintunya terdiri dari dua daun pintu, dalam bahasa tradisional disebut gebyok. Nuansa tradisional Bali akan makin kental jika Anda menggunakan kayu jati.

Ruang tamu di Bali Harmoni.

Sementara itu, bagian dalam terlihat modern namun tetap alami dengan penggunaan perabot kayu tanpa cat. Lantai marmer membuat kesan dalam ruangan menjadi dingin.

Pemilihan warna-warna netral seperti cokelat dan abu-abu mencirikan rumah tradisional Bali yang alami.

Furnitur meja makan di Bali Harmoni.

Pilihan kitchen set, meja serta kursi makan tetap menggunakan material kayu. Bahkan meja makan berbentuk potongan kayu bisa menjadi furnitur cantik yang mencirikan rumah bergaya Bali.

Salah satu kamar yang beradadi pinggir kolam renang.

Kamar tidur yang memiliki akses langsung menuju kolam renang merupakan model villa modern di Bali. Pintu geser dengan tinggi hingga ceiling ini menambah mewah. Selain itu, bertujuan untuk memaksimalkan pencahayaan.

Bagian lantai 2 yang memiliki balkon bisa juga menjadi area makan bersama.

Selain lantai 1, pemandangan indah juga bisa Anda nikmati dengan penambahan balkon di sisi kamar tidur. Anda juga bisa menambahkan meja dan kursi untuk dijadikan area makan bersama. Cahaya lilin yang redup serta lampu temaram di pinggir kolam kian menambah nuansa romantis.

Kamar mandi yang setengah tertutup ini mencirikan bangunan khas Bali.

Ada yang menarik pada saat Anda melihat kamar mandi yang ada di Bali Harmoni ini. Atap kamar mandi tidak sepenuhnya tertutup. Menurut Ngurah, konsep kamar mandi dengan setengah atap ini mencirikan bangunan khas Bali.

“Sebenarnya, justru orang Bali yang tradisional, biasa mandi di alam atau di kali. Namun, karena ini sudah modern, setengah atap ini bertujuan agar sirkulasi udara lancar dan tetap menyatu dengan alam. Itulah gagasan utamanya,” kata Ngurah.